News From Southern Indonesian

102 KK Di Harekakae Dapat BLT DD

0 38

BETUN,flobamorata.com- Sebanyak 102 Kepala Keluarga (KK) miskin di Desa Harekakae, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, berhak untuk dapatkan Batuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD). Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Eman Bere Nahak, Kepala Desa Harekake, Sabtu, 30 Mei 2020 pagi, di Kantor Desa Harekake.

Kades Eman Bere Nahak menjelaskan, berdasarkan data yang ada, jumlah KK di Desa Harekakae yang mendapatkan bantuan sebanyak 428 KK  (2050 Jiwa). Dengan rincian, 102 KK dapat BLT DD, PHK sebanyak 44 KK, Bantuan Beras Rastra 55 KK, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 58 KK, Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 88 KK, Bantuan Gratis Kementrian Pertanian 41 KK, dan BLT pusat 41 KK.

“ Jadi total secara keseluruhan untuk semua jenis bantuan yang didapat ada 428 KK. kalau untuk BLT DD kami siapkan dana 61 juta 200 ribu rupiah, dengan rincian setiap KK dapatkan 600 ribu perbulan. Sedangkan kalau yang tidak dapat bantuan sama sekali,disebabkan ada yang status sebagai ASN , anggota TNI dan Polri, serta pengusaha,” jelasnya.

Dirinya berharap, dengan adanya bantuan ini, masyarakat Desa Harekakae dapat manfaatkan dengan baik guna membiayai kebutuhan pokok rumah tangga. Pasalnya, ditengah pandemik Covid-19 yang semua serba sulit, dengan adanya bantuan BLT ini dapat meringankan beban masyarakat.

“ Saya harap uang yang diterima ini, harus benar-benar digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam keluarga, bukan dipakai untuk judi dan minum mabuk, sebab ini kondisi kita benar benar sulit akibat wabah covid-19,”ungapnya.

Sementara itu, Yuliana Hai, salah seorang janda miskin penerima BLT DD mengaku sangat bersyukur atas perhatian yang diberikan oleh pemerintah setempat. Dengan bantuan ini, dirinya bisa memenuhi kebutuhan hidup sehar-hari.

“Saya bersyukur dan terima kasih kepada bapak Bupati Malaka dan bapak desa atas perhatian kepada kami. Uang ini akan saya pakai buat beli beras dan kebutuhan lain,” tuturnya.

Pantauan media di lokasi pembagian, semua kegiatan berjalan aman dan tertib. Selain tertib dan aman, nampak semua yang hadir saat itu, benar-benar taat akan pedoman protokol pengamanan dan pencegahan Covid-19 dengan tetap menjaga jarak dan pakai masker. (ferdhy bria)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More