News From Southern Indonesian

Desa Bakiruk Salurkan BLT DD Kepada 134 KK

0 62

BETUN,flobamorata.com- Pemerintah Desa Bakiruk, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kepada 134 KK. Selain BLT, Desa Bakiruk juga menyalurkan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI pada Selasa, 9 Juni 2020.

Menurut Kepala Desa Bakiruk, Maria Magdalena Fore Mau, selain BLT dan BST, pihaknya juga menyalurkan bantuan dengan sumber pendanaan Bantuan Pangan Non Tunai Program Keluarga Harapan (BPNT/PHK) kepada 142 KK. Sehingga total KK penerima seluruh bantuan di Desa Bakiruk sabanyak 884 KK sedangkan sisanya sebanyak 20 KK tidak menerima sebab secara regulasi yang diamanatkan, 20 KK tersebut  tidak berhak menerima.

“ Jadi dari total KK yang ada di desa kami sebanyak 904 KK, penerima BST sebanyak 608 KK, BLT DD  sebanyak 134 KK dan BPNT/PKH sebanyak, 142 KK,” tulis Kades Bakiruk, menjawab pertanyaan flobamorata.com, saat dikonfirmasi melalui layanan pesan WhatsApp, Rabu, 10 Juni 2020.

Dijelaskannya, untuk dana Bantuan Sosial Tunai (BST) , sesuai dengan udangan yang diterima dari kantor PT Pos dan Giro, terdata sebanyak 608 KK. Namun demikian, dari data tersebut, terdapat kekeliruan terkait nama penerima, profesi dan status penerima. Sehingga dalam penyaluran tersebut, pihaknya perlu mengawasi dengan ketat.

“ Dalam jumlah tersebut, terdapat data yag keliru. Sehingga kami perlu mengawasi dengan benar, sehingga pembagian ini tepat sasaran. Data yang keliru ini, seperti ada nama yang dobel, ada berprofesi sebagai PNS, bahkan ada statusnya sudah meninggal tetapi namanya terdata,” jelasnya.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran, dalam setiap kesempatan selalu mengingatkan agar semua pos bantuan yang disalurkan harus benar-benar sampai pada tangan penerima yang berhak, tanpa adanya potongan sepeser pun. Dana tersebut harus digunakan secara efisien dan efektif, guna memenuhi kebutuhan hidup dalam keluarga ditengah suasana wabah Covid-19 ini. (ferdhy bria)

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More