News From Southern Indonesian

Desa Forekmodok Verifikasi Ulang Data Penerima Dana BST

0 63

BETUN,flobamorata.com- Sempat menuai aksi protes dari beberapa warganya terkait dana penerima Dana Bantuan Sosial Tunai (BST) pada pekan lalu, akhirnya Pemerintah Desa Forekmodok, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan verifikasi kembai data penerima BST untuk tahap ketiga.

Verifikasi ini terkait dengan adanya beberapa pendobelan nama, status penerima, serta pendobelan sumber bantuan. Daniel Moruk, Kepala Desa Forekmodok, kepada flobamorata.com, Selasa, 16 Juni 2020 menjelaskan, proses ini dilakukan setelah dalam tahap kedua ditemui beberapa masyarakat yang secara aturan tidak layak untuk menerima dana BST tersebut.

“ Setelah kami cek, ada beberapa nama yang memang tidak layak sebab yang bersangkutan adalah KAUR desa, kepala dusun, pensiunan PNS, serta PNS aktif,” jelasnya.

Ditambahkannya, dari data sebanyak 35 KK penerima yang salah, pihaknya saat ini sudah ajukan proses penggantian kepada Dinas Sosial untuk dilakukan verifikasi dengan data yang ada pada dinas, agar dimasukan dalam penerimaan tahap ketiga.

“ Ya kami sudah antar ke dinas sosial, untuk diganti dengan masyarakat memenuhi secara aturan,” ujarnya.

Dirinya meminta kepada masyarakat Desa Forekmodok, agar bersabar menunggu proses selanjutnya di Dinas Sosial Kabupaten Malaka, terkait dengan data yang sudah diajukan. “ Saya minta agar masyarakat sabar menunggu proses di dinas. Sebab saat ini kewenangan sudah ada di dinas,” pintanya.

Berdasarkan draft daftar nama yang diperoleh redaksi, disitu terdapat banyak perubahan. Kesalahan yang paling mencolok terjadi pada pendobelan sumber bantuan. Dimana ada KK yang menerima dana dari pos BST serta BLT Dana Desa. Selain pendobelan sumber bantuan, kesalahan berikutnya ada pada status layak atau tidak masyarakat penerima. (ferdhy bria)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More