News From Southern Indonesian

Laleten Bersih Di Tangan Kades Lorens

0 101

BETUN,flobamorata.com- Pepatah klasih “Kebersihan Adalah Sebagian Dari Iman”, ternyata bukan retorika belaka. Pepatah ini benar-benar menjadi “candu”  yang wajib dinikmati dan dijalankan oleh siapa saja. Lingkungan bersih, asri dan harmonis, akan membentuk iklim kerja yang  baik dan dinamis. Hari-hari ini, di Desa Laleten, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pepatah klasik ini sedang dilaksanakan.

Sosok dibalik implementasi pepatah klasik itu adalah, Penjabat Desa Laleten, Lorens L Haba. Lorens begitu ia kerap disapa, sudah sebulan menjabat sebagai Penjabat Kepala Desa Laleten. Selama  tiga pekan di setiap hari Jumat, dirinya bersama warga selalu melakukan kegiatan “Jumat Bersih”, dengan cara membersihkan, menata lingkungan desa agar terlihat rapi dan asri.

“ Apa artinya kalau diri dan pribadi kita memiliki tampilan yang bersih, sedangkan lingkungan kita kotor?. Untuk itu dua hal ini wajib berjalan bersama agar kita dapatkan kebersihan seutuhnya baik itu bersih secara pribadi, iman dan lingkungan,” ujar Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PUPR Kabupaten Malaka ini, kepada flobamorata.com, pada saat memimpin acara “Jumat Bersih” bersama puluhan warga desanya, Jumat, 3 Juli 2020.

Dijelaskannya, selama tiga pekan di setiap hari Jumat, dirinya bersama seluruh warga, mulai melakukan kerja bhakti, dengan membersihkan jalan lingkungan, fasilitas umum, menata pagar rumah, bahu jalan lingkungan desa, membersihkan saluran, demi kenyamanan warga Laleten. Warga menurutnya, antusias dengan kegiatan yang dijalankan ini.

“ Begitu saya ajak untuk kerja bhakti warga disini dengan sadar langsung keluar rumah, pegang alat masing-masing, lalu kita mulai untuk kerja,” ucapnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan ini bukan pencitraan, melainkan murni pelayanan kepada masyarakat. Pasalnya, selain menjalankan program Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran terkait kegiatan “Jumat Bersih”, yang dilakukan dirinya bersama warga,  adalah bagian edukasi kepada masyarakat untuk terus menerapkan pola hidup sehat.

“ Saya tidak sedang pencitraan. Saya datang untuk melayani masyarakat disini. Jadi kalau ada yang anggap ini pencitraan, itu sangatlah keliru dan tidak masuk dalam logika berpikir sehat. Kita sebagai pemimpin memang tugasnya melayani, dengan membuat kebijakan yang pro dan melibatkan rakyat. Kebijakan ini jelas berdampak positif bagi masyarakat disini,” ungakpnya.

Sejak sebulan ini, berdasarkan pantauan flobamorata.com, apa yang dilakukan oleh Kades Lorens, sangat berdampak bagi masyarakat Desa Laleten. Sebelum Kades Lorens datang, Desa Laleten Nampak tidak terawat. Namun baru sebulan, suasana bersih dan asri sudah terlihat bagi siapa saja yang masuk wilayah ini. Ditangan Lorens, Laleten ada perubahan. (ferdhy bria)

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More