News From Southern Indonesian

Gandeng 50 Mitra Kerja, Bank NTT Dukung Program GKH Pemkot Kupang

0 19

KUPANG,flobamorata.com- Dalam rangka mendukung Program Gerakan Kupang Hijau (GKH), Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur atau Bank NTT tekah menggandeng sebanyak 50 mitra kerja guna menyukseskan kegiatan ini.

Hal ini disampaikan oleh Alex Riwu Kaho, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank NTT, yang juga Ketua Pelaksana Gerakan Kupang Hijau Kota Kupang, Rapat bersama Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore, di Aula Rumah Jabatan Walikota Kupang, Rabu 1 Juli 2020.

Dikatakannya, saat ini terdata 50 mitra kerja yang sudah  siap bersama Bank NTT untuk melakukan aksi bersepeda dan menanam pohon pada tanggal 11 Juli 2020. Bahkan teknis persiapan sudah dilakukan, dari menggali lubang hingga penentuan rute.

“ Rencananya sebanyak 300-400 pohon Sepe, Trambesi dan Ketapang Kencana berdiameter minimal 20 Centimeter, akan ditanam dalam kegiatan ini.  aksi ini bukan dari Pemkot dan Bank NTT semata, tetapi ada dukungan dari kurang lebih 50 mitra kerja yang terdiri dari beberapa lembaga jasa keuangan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan Nusa Tenggara Timur (FKLJK NTT) serta para pengusaha di Kota Kupang yang telah bersedia mendukung dan berpartisipasi pada kegiatan tersebut,” jelasnya.

Pesatnya pembangunan khususnya di wilayah perkotaan, ungkapnya,  berdampak buruk pada kondisi lingkungan terutama kualitas udara dan air yang sangat penting bagi kehidupan umat manusia. Hal itu juga terjadi di wilayah Kota Kupang, dimana pembangunannya juga mengalami pertumbuhan pesat sehingga dikhawatirkan mengurangi cakupan wilayah hutan kota.

“Wilayah pembangunan yang bertambah luas dikhawatirkan berdampak jangka panjang bagi lingkungan. Karena itu perlu upaya pelestarian jangka panjang. Inilah yang mendasari pelaksanaan Gerakan Kupang Hijau melalui aksi tanam pohon dan gowes atau bersepeda bersama pada 11 Juli mendatang yang dimantapkan bersama dalam rapat ini,” ujar Alex Riwu Kaho.

Sementara itu, Walikota Kupang menjelaskan, GKH merupakan salah satu wujud misi Kupang Hijau Pemerintah Kota Kupang yang telah dicanangkan sejak 16 November 2019.

“Pemerintah Kota Kupang akan terus fokus dalam pelestarian lingkungan perkotaan, selain untuk mempercantik wajah kota ini, gerakan ini juga bermanfaat jangka panjang karena dengan menanam pohon akan berdampak pada peningkatan jumlah dan kualitas debit air tanah dan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Kupang,” kata Walikota.

Berdasarkan draft yang didapat, Acara akan dilaksanakan pada 11 Juli 2020, dengan diawali gowes atau bersepeda bersama pada pagi hari pukul 5.30 WITA dari pelataran Bank Indonesia Perwakilan NTT, Jalan El Tari hingga ke lokasi penanaman pohon yang telah disiapkan di Jembatan Petuk II, Jalur 40, Kelurahan Naimata. (JeOt)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More