News From Southern Indonesian

Memprihatinkan Kondisi Balai Dan Kantor Desa Fafoe

0 215

BETUN,flobamorata.com- Kondisi pembangunan Gedung Balai Desa Fafoe, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang sementara dibangun terlihat mangkrak. Bahkan beberapa sudut bangunan nampak retak. Kondisi serupa juga terjadi di Kantor Desa Fafoe. Bahkan lebih mirisnya lagi, Kantor Desa Fafoe, nampat tidak terawat, dengan sampah berserahkan di seluruh ruangan.

Berdasarkan pantauan wartawan di lokasi, kondisi Gedung Balai Desa yang sementara dibangun dengan dana desa sebesar Rp. 316 juta tersebut, terpaksa dihentikan. Akibatnya, gedung setengah jadi tersebuthanya menjadi tempat “mangkal” beberapa ekor sapi milik warga.

Terpantau dari papan informasi proyek tersebut, diketahui, pembangunan gedung dengan ukuran 8 X 18 Meter itu, menggunakan Dana Desa 2019, dengan total anggaran Rp. 316,141,700 (Tiga Ratus Enam Belas Juta Seratus Empat Puluh Saatu Ribu Tujuh Ratus Rupiah), dengan metode Swakelola.

Yosef Seran Klau,Kepala Desa Fafoe,  ketika dikonfirmasi awak media di kediamannya Minggu, 5 Juli 2020 membenarkan jika pembangunan gedung  tersebut untuk sementara dihentikan. Pasalnya, kondisi saat ini dalam pendemik Covid-19, kendati material untuk pekerjaan lanjutan sudah ada di lokasi.

” Bahan sudah beli semua, tapi pekerjaannya masih sedikit terkendala karena Covid ini. Kita sudah buat pernyataan untuk menyelesaikannya sampai September 2020 ini,” ujar Yosef.

Namun beberapa warga Desa Fafoe yang ditemui wartawan mengungkapkan, alasan yang disampaikan kepala desa tersebut tidak masuk akal dan terkesan mengada-ada. Sebabnya,  pembangunan gedung tersebut merupakan proyek Tahun 2019, sementara pandemi Covid-19 baru ada di Malaka mulai Maret 2020.

” Itu alasan kepala desa saja. Pekerjaan dari tahun lalu, sebelum adanya corona. Jangan corona dijadikan alasan,” ujar warga yang minta namanya tidak dikorankan beritakan. (ferdhy bria)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More