News From Southern Indonesian

Kades Lakulo-Malaka Minta Warganya Tanam Serentak

0 71

BETUN,flobamorata.com- Mikael Seran Fahik, Kepala Desa Lakulo, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), meminta agar warganya secara serentak melakukan penanaman padi pada musim tanam kedua yang saat ini sedang berlangsung.

Dengan dilakukan penanaman serentak, maka akan ada pemerataan pembagian air di sepanjang saluran Irigasi Benenain. Menurutnya, belajar dari pengalaman musim tanam pertama yang hampir gagal akibat pegaturan air, maka pada musim kedua ini wajib dilakukan secara serentak.

“Saya sudah sampaikan kepada seluruh masyarakat melalui kepala dusun, dan kelompok tani lahan basah agar perintahkan warga dan anggotanya untuk melakukan tanam serentak pada musim tanam kedua ini, sehingga kita bisa atur pembagian air secara merata,” ujarnya kepada wartawan, Kamis, 23 Juli 2020.

Dengan adanya pengaturan air secara merata untuk melakukan penanaman pada musim kedua ini, menurutnya, akan berakibat pada hasil panen yang akan didapat. Bahkan dirinya meminta agar warga yang areal sawahnya persis di depan Daerah Irigasi (DI) Benenanin, harus bisa memanfaatkan secara optimal.

“ Patani yang ada persis di depan Saluran Irigasi Benenain harus bisa memanfaatkan dengan baik kondisi saat ini,” ucapnya.

Berdasarkan data yang dimiliki, jumlah Kelompok (Poktan) Tani Lahan Basah, di Desa Lakulo, sebanyak 30 kelompok yang dengan mendapatkan 28 unit Traktor guna pengolahan lahan. Selain membantu pengolahan lahan yang ada, program tanam serentak ini juga sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam mengeksekusi program primadona Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran  yakni Revolusi Pertanian Malaka (RPM). (ferdhy bria)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More