News From Southern Indonesian

Mahasiswa Unimor Manfaatkan Limba Jadi Pakan Ternak

0 315

BETUN,flobamorata.com Kreativitas sejumlah mahasiswa Program Studi Peternakan, Universitas Timor (Unimor) patut diberikan apresiasi. Para mahasiswa ini melakukan kegiatan inovatif dengan mengubah limbah hasil pertanian menjadi pakan ternak.

Kegiatan ini dilakukan para mahasiswa di Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT), dalam rangka Praktek Kerja Lapangan (PKL).
Limbah pertanian yang diolah menjadi pakan ternak tersebut yakni jerami padi.

Menurut Yuliana Mau, Koordinator Program Studi Peternakan, Universitas Timor, jerami yang telah dipanen bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak. Bahkan jerami juga dapat disimpan hingga berbulan-bulan setelah dikeringkan atau difermentasi. Hasil ini bisa menjawab kebutuhan pakan ternak saat musim kemarau.

“Jerami fermentasi atau amoniasi jerami diolah dengan tambahan pupuk urea dan EM4, bisa mengganti rumput segar dengan nilai nutrisi hampir sama bahkan lebih,” Ujarnya kepada wartawan di Dusun Beilout, Umatoos, Jumat, 25 Juli 2020.

Bahkan menurutnya, jerami yang baru dipanen dan difermantasi, bisa menghasilkan nutrisi dua kali lipat dari jerami biasa.

” Kalau baru panen nutrisinya bisa dua kali lipat dengan jerami biasa. Bahkan kadar proteinnya bisa mencapai 11,” jelasnya.

Yuliana menambahkan, dengan ilmu yang didapat dan dipraktekan langsung, bisa membantu masyarakat dalam menyediakan pakan ternak yang berkualitas baik.

Sementara itu, Herminus Tahu Nahak, Koordinator Pemuda Dusun Beilot, sangat antusias akan kegiatan ini. Menurutnya, cara membuat pakan ternak yang dipraktekan para mahasiswa sangat membantu masyarakat Dusun Beilout.

” Ini ilmu yang yang baik bagi kami masyarakat disini. Selama ini, jerami hasil panen hanya kami bakar tanpa diolah menjadi pakan ternak,” ungkapnya.

Kegiatan PKL yang dilakukan mahasiswa Prodi Peternakan Unimor inii,  mendapat sambutan dan respon positif dari seluruh masyarakat. Bahkan masyarakat dilibatkan dalam latihan proses pembuatan pakan ternak ini. (ferdhy bria)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More