News From Southern Indonesian

GS Organik Bina Petani Nasdem NTT

0 12

KUPANG,flobamorata.com Partai Nasdem dengan semangat restorasi terus bergerak. Partai besutan Surya Paloh ini, tahu persis cara untuk tetap survive dalam kondisi hidup ditengah masa pandemi Covid-19.

Bidang pertanian dengan sub sektor Pertanian Organik dan Agrobisnis, menjadi perhatian serius bagi partai koalisi pemerintah ini.

Tidak tanggung-tanggung, fokus partai di semua tingkatan sturuktur pimpinan wilayah,  mulai serius melihat potensi pertanian di daerah, guna dikembangkan agar bisa memiliki proktivitas yang baik dan bisa diterima pasar serta mendatangkan income bagi seluruh masyarakat terutama kader partai.

Banyak cara dilakukan untuk menyukseskan program ini. Di Provinsi NTT misalnya, Partai Nasdem memfasilitasi para petani milenial dari Amarasi, Kabupaten Kupang, belajar cara bertani organik yang baik di GS Organik, milik Gestinaus Sino, di Kompleks Perumahan Matani, Kabupaten Kupang.

Pilihan belajar di GS Organik adalah pilihan yang sangat tepat. GS Organik adalah salah satu usaha pertanian organik di NTT yang sudah memiliki sertifikasi dari Kementerian Pertanian RI.

Bahkan track record dari Owner GS Organik, Gestianus Sino, tidak diragukan lagi dalam urusan tanam, rawat, panen, jual dan untung.  Terbukti, usaha yang sudah dijalani selama 11 tahun ini, sangat sukses bahkan populer di kalangan masyarakat Kota Kupang dan NTT hingga Indonesia.

” Tujuan Nasdem adalah mengembangan potensi pertanian yang ada di NTT, agar setiap kader bisa memanfaatkan lahan dan pekarangan di rumah untuk diubah menjadi kebun. atas dasar itu, kami kirim enam orang dari Amarasi untuk belajar di  GS Organik. Mimpi besar Nasdem NTT kedepan, setiap kabupaten di NTT memiliki dua klaster kebun Nasdem. Untuk itu, kami akan terus memfasilitasi setiap kader untuk belajar bertani secara moderen dengan orientasi bisnis tentunya, jelas Heri Nono, Wakil Ketua Bidang Pertanian DPW Partai Nasdem NTT, yang juga Ketua Petani Nasdem NTT kepada wartawan di Lokasi Pertanian GS Organik, Selasa, 14 September 2021.

Sementara itu, Elas Jawamara, Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik Partai Nasdem NTT mengungkapkan, enam orang yang dikirim saat ini merupakan kader petani milineal partai Nasdem di Amarasi. Mereka akan difasilitasi secara menyeluruh, baik itu biaya, alat serta teknologi.

” Enam orang ini kami fasilitasi  semua kebutuhan mereka saat pelatihan. Bahkan selesai dari sini, kami akan dukung mereka dengan alat, bahan baku, serta teknologi guna dikembangkan di kebun mereka,” ungkapnya.

Gestianus Sino, saat memberikan pelatihan kepada enam orang petani nasdem ini menjelaskan, hal penting bagi seorang petani adalah memahami benar kalender tanam. Sebab selama ini, kebanyakan Petani hanya asal tanam tanpa memperhatikan kalender tanam yang benar.

” Semangat yang telah ada harus diikuti dengan pemahaman yang baik. Salah satu contoh, bagaimana kita paham benar soal kalender tanam dan musim. Pada musim misalnya, kita harus sudah pahan apa yang harus kita tanam, serta dikombinasi dengan produk apa?.  Bukan sekedar tanam tanpa pemahaman kalender musim. Apabila keliru kita akan lawan dengan kodrat alam,” jelasnya.

Dirinya berpesan, pada tahap awal mulai,  jangan pernah bermimpi muluk- muluk dengan investasi modal yang besar. Pilihan paling bijak pada tahap awal yakni  tanam untuk pemenuhan kebutuhan pangan dalam rumah tangga. Seiiring waktu, kita akan “Berjalan sambil Berdandan”, guna memoles jenis produk tambahan untuk lahan kita.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More