ads

Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bupati Malaka Dan LPMP Bahas Program Sekolah Penggerak

Avatar photo
  • Bagikan

BETUN,flobamorata.com Bupati Malaka,  Simon Nahak,  bersama tim dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP)  Provinsi NTT, pada Rabu, 15 September 2021,  membahas penyelenggaraan Program Sekolah Penggerak di Kabupaten Malaka. 

Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Malaka tersebut,  dihadiri Kepala LPMP Provinsi NTT, Drs. H. Muhammad Irfan, MM, Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Pendidikan Masyarakat ( Dikmas ) Maria Advensia, SH, M. Hum, Asisten Ekonomi Pembangunan Sekda Malaka, Silvester Leto, SH, Asisten Administrasi Umum, Drs. Yoseph Parera dan Plt. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malaka, Yohanes Klau, S.IP, MM membahas hal teknis terkait lima intervensi syarat sekokah penggerak, agar bisa memiliki daya saing yang berkualitas dn unggul.

ads

Bupati Malaka pada kesempatan ini mengemukakan apapun program pusat, propinsi yang ada dasar hukumnya dan memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat, pemerintah Kabupaten Malaka siap memberikan dukungan.

Baca Juga :  Julie Laiskodat Beri Kuliah Umum Tentang UMKM Di IAKN

“Mewakili pemerintah dan masyarakat, Saya siap mendukung dan memberikan support untuk kegiatan yang memberikan hasil positif bagi kehidupan masyarakat. Sejak awal kepemimpinan Saya sudah berkomitmen untuk menempatkan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat di atas segalanya sesuai motto bonum commune suprema lex,” tandas Bupati

Ditambahkan Ahli Hukum Pidana ini bahwa program yang berkaitan langsung dengan pendidikan, sinkron dengan program Bupati dan Wakil Bupati Malaka di bidang kualitas sumber daya manusia.

“Program ini sangat bagus karena bersentuhan dan sinkron dengan program yang kami usung di masa kepemimpinan yakni kualitas daya saing sumber daya manusia. Sehingga akan kita berikan perhatian serius,” aku Bupati yang akrab dengan nama SN.

Sementara Kepala LPMP Provinsi NTT, Drs. H.Muhammad Irfan, MM mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas penerimaan Pemerintah Kabupaten Malaka dengan program ini.

Baca Juga :  Besok Pengumuman Kelulusan SMP Di Kabupaten Malaka

“Tentunya kami sangat mengapresiasi penerimaan pemerintah Kabupaten Malaka terkait program Sekolah Penggerak ini. Kita akan tetap bangun koordinasi dan komunikasi sehingga prosesnya tetap berjalan dan harapan kita dapat bermanfaat bagi kehidupan dan pendidikan di Kabupaten Malaka,” ujarnya.

Kepala BP PAUD Dikmas Provinsi NTT, Maria Advensia, SH, M.Hum di hadapan Bupati Malaka mengemukakan program Sekolah Penggerak merupakan program peningkatan kualitas belajar siswa yang terdiri dari 5 jenis intervensi untuk mempercepat sekolah menjadi lebih maju dalam kurun waktu 3 tahun akademik.

“Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan holistik hasil belajar siswa yang mencakup kompetensi dan karakter, yang dimulai dengan sumber daya manusia yang unggul yakni kepala sekolah dan gurunya,” jelasnya.

Baca Juga :  Dari Naibone Menjadi Sarjana Yang Sujana

Dikatakan Maria Advensia, program Sekolah Penggerak akan dilakukan secara bertahap dan terintegrasi sehingga seluruh ekosistem sekolah di Indonesia akan menjadi sekolah penggerak.

“Program ini berupaya mengembangkan SDM sekolah mulai dari siswa, guru sampai kepala sekolahnya. Kualitas siswa diukur melalui pencapaian hasil belajar di atas level yang diharapkan dengan didukung lingkungan belajar yang aman, nyaman, inklusif dan menyenangkan. Program ini menandakan, kepala sekolah dan guru dianggap sebagai motor penggerak dalam menumbuhkan kompetensi dan karakter yang dikembangkan,” ujarnya.

Sebagai informasi, program Sekolah Penggerak menghendaki adanya kerja sama yang baik antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi dengan Pemerintah Daerah.

Program Sekolah Penggerak ini diwujudkan Pemerintah Kabupaten Malaka dengan pernyataan ketersediaan dan dukungan melalui video testimoni atau video komitmen dan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Kemendikbudristek.

  • Bagikan