News From Southern Indonesian

DPRD Malaka Dukung Akselerasi Internet Gratis

REPORTER : FERDHY BRIA

0 57

BETUN,flobamorata.com- Wakil Ketua Komisi I DPRD Malaka, Fredirikus Seran mendukung upaya percepatan pemasangan internet gratis, sekaligus meminta kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malaka, agar terus berkoordinasi dengan pihak terkait dalam  mengupayakan bantuan internet gratis bagi masyarakat.

“Selaku Pimpinan Komisi I yang bermitra dengan Dinas Kominfo Malaka, Kami memberikan dukungan dan upaya-upaya serius yang dilakukan intansi tekhnis, terkait akselerasi bantuan internet gratis yang sementara dilakukan di desa-desa dan sekolah-sekolah,” demikian penegasan Fredy Seran di sela-sela Rapat Komisi I bersama mitra tekhnis di gedung DPRD Malaka, Rabu (15/9/2021).

Politisi Partai Nasdem ini lebih lanjut mengatakan upaya bantuan internet gratis itu merupakan hal yang sangat urgent, mengingat saat-saat sekarang seluruh kegiatan dilakukan secara daring.

” Memang upaya yang dilakukan instansi tekhnis Dinas Kominfo ini sangat berarti karena mampu membawa solusi bagi masyarakat, mengingat segala kegiatan dilakukan secara online. Hal-hal seperti inilah yang kita butuhkan,” tandasnya.

Fredy Seran mengutarakan, saat ini masyarakat sudah berada pada era digitalisasi dan sebagian besar kebutuhan masyarakat sangat tergantung dengan sarana digital.

“Banyak masyarakat yang sudah melakukan bisnis secara online, bahkan ada arisan online terkait dengan kebutuhan Rumah Tangga, sehingga program dan kegiatan internet gratis ini tentu sangat membantu mereka. Saya berharap kiranya di semua tempat-tempat pelayanan publik sudah bisa terakses internet gratis misalnya sekolah, kantor kantor desa, puskesmas dan ruang-ruang terbuka lainnya,” katanya.

Kepada elemen terkait yang membutuhkan bantuan internet gratis, seperti Kepala Desa, Kepala Sekolah dan pengelola fasilitas publik lainnya agar bersikap responsif dan respek terhadap permintaan data dari dinas tekhnis, agar koordinasi terus berjalan dan masyarakat dapat menikmatinya secara baik.

Hal senada diungkapkan juga Jemianus Koe, anggota Komisi I. Jeka, panggilan akrab anggota DPRD Malaka ini mengungkapkan pemasangan bantuan internet yang sekarang dilakukan Dinas Kominfo Malaka bantuan Kementerian Kominfo melalui BAKTI adalah bukti nyata perhatian pemerintah pusat kepada daerah.

“Makanya hal-hal positip seperti ini akan terus kita dukung dan support, karena berdampak langsung bagi masyarakat,” ujarnya.

Bahkan, Jeka yang berasal dari Fraksi Partai Golkar ini menambahkan bantuan seperti ini harus terus dikomunikasikan sehingga pada akhirnya seluruh masyarakat di Malaka yang berada di garis perbatasan, bisa menikmati kemudahan-kemudahan jaringan internet.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malaka, Brinsyna Elfrida Klau dalam rapat tersebut menguraikan hingga tahun ini susah terdapat 102 titik pemasangan internet gratis di seluruh wilayah Kabupaten Malaka.

“Titik internet gratis itu ada di Kantor Desa, Sekolah, Puskesmas dan fasilitas publik untuk memudahkan komunikasi dan kegiatan-kegiatan yang sifatnya online,” ungkap mantan Kabag Protokol Setda Malaka ini.

Tahun 2021, masih kata Alumnus Ilmu Administrasi Publik Pasca Sarjana Undana ini, tahap pertama sudah terpasang 26 titik dan akan menyusul 18 titik tahap kedua.

“Sedangkan untuk tahun 2022 sesuai permintaan dan komunikasi Diskominfo Malaka ke BAKTI Kemenkominfo, Kabupaten Malaka akan terus mendapat perhatian terkait internet gratis, sehingga pada akhirnya seluruh wilayah di Malaka terkoneksi jaringan internet. Oleh karenanya, kepada pihak-pihak yang dimintai data agar meresponnya secara baik dan akurat, mengingat penentuan titik koordinat dikontrol langsung dari pusat,” urainya.

Hadir pada Rapat Komisi 1 ini antara lain Bernadetha Kiik dan Emanuel Wempy. Sementara dari Dinas Kominfo selain Kadis, hadir juga Sekretaris Diskominfo Wilhemus Lakka, Kasubag Keuangan dan Kepegawaian Yoseph Atok, Kepala Seksi Pengelola Informasi dan Komunikasi Publik Herry Klau dan staf Zakarias Erap, Emanuel Wim Klau dan John Klau.

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More