News From Southern Indonesian

Dekranasda NTT dan Koboi Kupang Gelar Pameran 1000 Bonsai

0 20

KUPANG,flobamorata.com-Komunitas Bonsai (Koboi) Kupang bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTT, selenggarakan pameran bonsai, dengan mengusung tema “ NTT Hijau Dalam Pesona 1000 Bonsai “.

Pameran selama tiga hari, sejak 28-30 Oktober 2021 diselenggarakan dipelataran Rumah Jabatan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Ketua Komunitas Bonsai (Koboi) Kupang, Ito Puan Wawin menyampaikan syukur dan terima kasih, karena pihaknya berhasil mendapatkan partner yang luar biasa dalam kegiatan pameran bonsai.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih, karena telah mendapatkan partner yang sangat luar biasa, yaitu Dekranasda NTT. Bersama mitra, Dekranasda, pameran bonsai bisa terlaksana dengan baik ,” kata Ito Puan Wawin kepada awak media ( 30/10 ).

Bonsai yang dipamerkan jelas Ito memiliki harga yang bervariatif, mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu, hingga puluhan juta rupiah.

“Kalau harga termahal adalah tanaman jenis anting putri yang pernah mengikuti kontes di Jakarta. Untuk pameran perdana ini sudah banyak pembeli yang memesan. Namun kamu belum bisa memberikan. Baru sebatas tanda jadi. Saat penutupan 30 oktober 2021 baru diambil,” jelas Ito.

Selain pameran bonsai lanjut Ito , Koboi Kupang juga menyiapkan bibit, peralatan dan perlengakapan bonsai untuk para pengunjung dan pecinta bonsai.
“Buat teman-teman pecinta bonsai yang ingin belanja bonsai atau peralatan dan bibit, silahkan datang di lokasi pameran. Kami akan layani sesuai yang diminta ,” katanya.

Sementara itu Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrisno Laiskodat mengatakan, sebagai bentuk dukungan untuk Kaboi pihaknya akan menyurati seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov NTT, untuk segera mengganti bunga plastik yang ada di instansinya masing-masing dengan Bonsai.

“Bunga-bunga plastik yang ada di ruangan kantor, harus diganti gengan bunga bonsai, untuk mengurangi sampah plastikkata Julie Sutrisno Laiskodat.
Sebagai ketua Dekranasda NTT lanjut Julie, pihaknya akan membantu komunitas Koboi Kupang untuk mempromosikan hasil karya bunga bonsai melalui lapak yang akan disiapkan oleh Dekranasda NTT.

“Kita akan menyiapkan e-comers sebagai wadah untuk bantu menjual dan mempromosikan bonsai dari komunitas Koboi Kupang,” jelasnya.
Dengan demikian, Julie berharap agar kegiatan yang diselenggarakan tidak hanya sebagai pameran semata. Namun harus mendatangan hasil bagi para pegiat bonsai.

“Saya tidak mau hanya lakukan pameran saja. Tetapi saya mau juga hilirnya mereka dapatkan. Itu yang lebih penting dari pada hanya dipamerkan saja,” katanya. (Antonius Taolin )

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More