Atasi Banjir, Bupati Malaka Tinjau Sungai Wemean Dan Mota Delek

Reporter : ADMIN
Editor : JeOt
  • Bagikan

BETUN,flobamorata.com- Didampingi Tim dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Dinas PU Kabupaten Malaka, Simon Nahak, Bupati Malaka, Provinsi NTT, melakukan peninjauan ke Sungai Wemean, Dusun Lotasi, Desa Halibasar, Kecamatan Malaka Barat. Selain di Sungai Wemean, Bupati Malaka bersama rombongan melakukan peninjauan di Sungai Mota Delek.

Kunjungan ke Bentaran Sunga Wemean ini penting, mengingat sungai ini merupakan satu dari sekian banyak titik pemicu banjir yang melanda Kabupaten Malaka akibat intensitas hujan yang tinggi. Setelah sampai pada lokasi tersebut, ditemukan bahwa persoalan normalisasi serta pembangunan tanggul tanpa bronjong menjadi hal prioritas untuk dikerjakan dalam waktu dekat sebagai langkah antisipasi.

“ Saya sudah melihat kondisi ini, dan saya minta kepada Dinas PU Malaka, segera bangun tanggul darurat, sebagai solusi dan Langkah antisipasi untuk menyelesaikan persoalan ini. Sedangkan untuk normalisasi, kita akan pikirkan setelah selesiakan tanggul ini,” ungkap Bupati Simon Nahak Kepada Wartawan di Bentaran Sungai Wemean, Rabu, 6 Juli 2022.

Baca Juga :  63 KK Di Desa Biau Terima Bantuan Dari TP PKK Malaka

Selain melakukan tindakan skala priorias untuk atasi persoalan banjir, dirinya meminta kepada masyarakat setelpat agar lakukan pengijauan di sekitar bentaran sungai.

“ Saya minta kepada penjabat desa bersama aparat desa dan seluruh warga, untuk lakukan pengijauan dengan menamam bambu di sepanjang bentaran sungai,” pintanya.

Usai melakukan peninjauan di Sungai Wemea, rombongan Bupati Malaka kemudian bergerak menuju Wilayah Mota Delek. Di Mota Delek, Bupati Simon Nahak sempat melihat kondisi sungai Mota Delek. Di sela-sela kunjungan, dirinya sempat berdiskusi dengan pihak BNPB Pusat.

  • Bagikan