News From Southern Indonesian

Sambut Natal OJK Gandeng FWO I NTT Gelar Donasi Buku di TTS

0 13

KUPANG, Flobamorata.com –
Menyambut hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi NTT gandeng Forum Wartawan Online (FWO) Indonesia gelar OJK mengajar dan donasi buku sebanyak 19 kardus buku untuk masyarakat desa Oebaki, kecamatan Kokbaun, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Penyerahan bantuan buku secara simbolis berlangsung di ruang pertemuan Wakil Bupati TTS pada, Kamis (19/12/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala OJK dan Karyawan, Wakil Bupati TTS Jhony Army Konay, Camat Wilgo Nenometa, Kepala Desa se-Kecamatan Kokbaun dan perwakilan siswa-siswi.

Kepala OJK NTT, Robert Sianipar pada kegiatan OJK Mengajar dan Donasi Buku menyampaikan OJK adalah lembaga negara yang atas dasar UU diberikan amanat untuk melakukan pengaturan, pengawasan dan perlindungan terhadap konsumen di seluruh sektor jasa keuangan, seperti perbankan, industri keuangan non bank dan pasar modal.

Selain melakukan pengawasan, kata Robert, OJK juga mempunyai tugas melakukan edukasi dan perlindungan konsumen terutama di bidang keuangan agar masyarakat cerdas mengelola keuangan. Jadi untuk bisa mengikuti literasi keuangan maka harus sepakat untuk bisa membaca dan bebas buta aksara.

Diakuinya sampainya OJK di TTS ini karena inisiatif dari rekan-rekan media dari Forum Wartawan Online Indonesia (FWO I) NTT untuk mengunjungi Kampung Beta.

“OJK berikan bantuan buku, memang tidak seberapa dengan kondisi yang ada karena menyadari kebutuhan yang cukup besar untuk anak-anak didik. Tapi mudah-mudahan ini berkelanjutan. Karena kami juga rindu melihat langsung kampung beta. Alangkah menyenangkan bila kami bisa hadir di sana bersama-sama anak didik dan masyarakat di kampung Beta. Namun karena cuaca dan kondisi jalan jadi tidak bisa pergi kesana. Walaupun di sini tidak mengurangi rasa peduli dari OJK untuk berbagi,” tuturnya.

Selain OJK mengajar dan donasi buku, OJK juga melakukan kegiatan OJK berbagi untuk dua gereja dengan memberikan bantuan.

“Semoga apa yang dibagi bisa menambah suka cita natal. Semoga yang diberikan bisa bermanfaat khusus anak didik semua,” katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Timor Tengah Selatan, Jhony Army Konay mengatakan Pemda TTS menyambut baik kehadiran OJK dan Ketua FWO I NTT Robert Enok yang turut mendukung program Pemkab TTS. Kabupaten kami terdiri dari 278 desa dan kelurahan.

“Dimana Kampung Beta (Bebas buta aksara) dimulai dari satu kecamatan yakni Kokbaun. Kami sudah lama merindukan program Taman Baca atau perpustakaan desa dan Tuhan menjawab melalui tangan-tangan yang diberkati. Ini adalah sebuah gebrakan yang baru bagi TTS dan pijakan bagi desa dan kelurahan yang belum bergerak memunculkan inovasi ini,” katanya

Lebih lanjut Army Konay menagatakan, bicara soal TTS, masyarakat selalu berpikir ketertinggalan dalam banyak hal. “Kami mau tukar telunjuk dengan jempol sebagai simbol literasi. Kami telah memulainya dan inilah wajah anak-anak kami, mungkin dengan keberadaan ini bisa melihat teman-teman bisa memulai. Mohon perhatinnya agar dapat berkelanjutan.

“Saat ini saya merasa bahwa TTS mulai merangkak berubah secara perlahan, banyak inovasi yang dibangkitkan. Mulai program budaya baca yang diterapkan oleh Presiden dan juga punya program desa pintar”, uajr Army.

Reporter: Robert/Sisca De Sousa


This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More