ads

Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Topik : 

Bupati Malaka Tampil Brilliant Di Ajang Harmonisasi Produk Hukum Daerah

Avatar photo
  • Bagikan

KUPANG,flobamorata.com- Bupati Malaka, Provinsi NTT, DR. Simon Nahak, SH, M.H tampil brilliant dan memukau dalam ajang Pelaksanaan Harmonisasi Produk Hukum Daerah yang dilaksanakan oleh Kanwil Kemenkumham RI Provinsi NTT, 22 Mei 2023 di Neo Aston Hotel Kupang pagi tadi.

Bahkan dalam kegiatan tersebut, Bupati Malaka didaulat untuk memberikan masukan terkait perumusan dan pembuatan produk hukum oleh pemerintah daerah agar tidak terbentur dengan produk hukum lain yang sifatnya lebih tinggi.

ads

Menurut Bupati Malaka, harmonisasi diperlukan untuk mencegah adanya disharmonisasi ataupun konflik norma antara substansi di satu peraturan dengan peraturan lainnya.

Baca Juga :  Bupati Malaka Lantik 35 Pejabat Struktural

“Kalau norma yang diatur menimbulkan konflik hukum, maka pasti akan berakibat juga pada implementasi. Suatu produk hukum pasti akan kesulitan untuk diimplementasikan, sehingga harmonisasi sangat bermanfaat agar tidak menciptakan konflik,” ujarnya.

Harmonisasi menurutnya,  menjadi sangat penting tidak hanya sebatas pada konsep Ranperda atau Ranperkada. Tapi juga dari aspek sosiologis terkait bagaimana implementasinya di masyarakat. Pihaknya sepakat regulasi yang baik perlu didukung dengan tingginya kesadaran hukum masyarakat. Kedua hal ini dikatakan linier untuk mewujudkan masyarakat yang tertib dan taat hukum.

Baca Juga :  Geliat Motaulun Menuju Swasembada Pangan

“Tujuan utama dari harmonisasi, acuannya kepada akses hukum. Aturan yang di bawah tidak boleh bertentangan dengan aturan yang diatasnya,” tegasnya.

  • Bagikan