ads

Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Topik : 

“Klaim” Malu-Malu Dalam Tersipu

Avatar photo
  • Bagikan

BETUN,flobamorata.com- Sabtu pagi, 15 April 2023, ketika saya baru selesai menikmati segelas kopi hitam sambil mainin Hand Phone, sejurus kemudian muncul notifikasi dalam obrolan group WhatsApp. Iseng saya membuka dan membaca. Maklum, banyaknya notifikasi membuat saya harus skip beberapa obrolan unfaedah.

Lantas saya kemudian membuka aplikasi youtube menyegarkan mata sembari mencari refensi pagi buat menulis. Seketika saya menemukan link berita dari TVRI NTT dengan judul “Kerja Keras Wakil Bupati Malaka, Para Petani Akhirnya Tersenyum Manis”.  Link : Kerja Keras Wakil Bupati Malaka, Para Petani Akhirnya Tersenyum Manis. – YouTube. Penasaran saya lalu membuka link tersebut. Apa gerangan yang membuat para petani tersenyum manis dengan kerja keras saudara Wakil Bupati Malaka?.

ads

Ternyata berita tersebut mendiskripsikan senyum sumbringah para petani di Lakekun dan Lakekun Barat, Kecamatan Kobalima, lantaran areal persawan mereka sudah dialiri air sehingga tidak kering. Lalu muncul pertanyaan refleksi saya, apa peran Wakil Bupati Malaka, Kim Taolin, dalam konteks senyum sumbringah para petani tersebut?.

Baca Juga :  Bupati Simon Nahak Bangga Akan Potensi Milenial Malaka

Bagaimana peran Wakil Bupati dalam menyalurkan air ke areal persawahan milik warga?. Dalam narasi berita tersebut tidak dijelaskan secara rinci kapan peran itu dimainkan, serta bagaimana lakon tersebut direalisasi. Semua serba samar-samar tanpa penjelasan rinci. Yang ada hanya sebatas senyum petani yang optimis bahwa “mereka tidak akan lapar” dalam masa tanam ini.

Baca Juga :  PT Wika Siap Lakukan KSO Dengan Kontraktor Lokal Tangani Benenain

Apa mungkin media lakukan framing dengan memanfaatkan kunjungan Wakil Bupati Malaka ke Kobalima?. Atau apakah mungkin Wakil Bupati Malaka sedang lakukan pencitraan menuju tahun politik 2024. Lalu apakah itu adalah klaim sepihak?. Semua masih serba tanya yang membutuhkan jawaban.

Saya kemudian penasaran akan berita tersebut. Lantas saya kemudian mencari beberapa referensi akan soal ini. Hal pertama yang saya lakukan adalah melakukan obrolan dengan beberapa rekan wartawan di Malaka terkait hal ini. Dalam obrolan tersebut, ada kesimpulan yang bisa didapat bahwa jauh sebelum Wakil Bupati turun ke lokasi para petani di Kobalima, tiga atau empat hari sebelumnya, Bupati Malaka, DR. Simon Nahak, SH, MH, sudah berkunjung ke lokasi tersebut.

Baca Juga :  Atase Polri KBRI Dili Berkunjung Ke RSUD Gabriel Manek Atambua

Dalam kunjungan yang dilakukan pada 27 Maret 2023 tersebut, Bupati Simon Nahak didampingi langsung oleh Kabag Protokol, Kabag Kesra, Kadis Pertanian, Dinas Perhubungan, serta para tokoh masyarakat dan kepala desa setempat, guna melihat langsung kondisi areal persawan yang kering.

  • Bagikan