ads

Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Petani Desa Laleten Gotong Royong Bersihkan Saluran Irigasi Weliman

Avatar photo
  • Bagikan

BETUN,flobamorata.com- Petani di Desa Laleten, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu, 30 Agustus 2020, melakukan kerja gotong royong membersihkan Saluran Irigasi Weliman. Kegiatan ini sebagai bentuk untuk menyukseskan program Pemerintah Kabupaten Malaka yakni Revolusi Pertanian Malaka (RPM).

Pantauan media di lokasi, kegiatan pembersihan dilakukan dengan mengeruk lapisan sedimentasi saluran dan memperbaiki dinding saluran irigasi. Menurut Alexander Pah, salah satu petani Desa Laleten, kegiatan ini dilakukan rutin setiap minggunya, untuk menghadapi musim kemarau agar pasokan air untuk petani tetap memadai sampai melewati musim kemarau. Selain itu kegiatan ini juga untuk mendukung upaya program RPM milik Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran.

ads

“ Kami bersihkan supaya pasokan air lancar ke areal pertanian, sehingga hasil panen bisa meningkat. Dengan adanya hasil meningkat, program RPM dari Bapak Bupati Malaka bisa terealisasi dengan baik,” ujarnya kepada wartawan, Minggu, 30 Agustus 2020.

Baca Juga :  DPP Golkar Resmi Dukung SBS-WT Di Pilkada Malaka

Alexander melanjutkan, upaya ini juga atas inisiatif dari para petani dan warga sekitar. Pasalnya, jika berharap pada Petugas Pintu Air dari dinas terkait yaitu PUPR Kabupaten Malaka, Bidang Pengairan, maka saluran ini akan rusak dan tertimbun lumpur, sehingga air tersumbat dan berdampak pada produksi padi akan menurun.

“Kalau kita tunggu dari dinas, mungkin belum bisa dilakukan pembersihan. Maka itu kami inisiatif sendiri,” ujarnya.

  • Bagikan