ads

Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Menuju Swasembda Pangan Malaka Bersama Fore Lakateu

Avatar photo
  • Bagikan

BETUN,flobamorata.com- Setelah sukses dengan Beras Nona Malaka, kini Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dr. Simon Nahak, SH, MH, selaku Bupati Malaka melakukan peluncuran perdana bdand kacang hijau dengan nama Fore Lakateu.

Desa Alas Utara, Kecamatan Kobalima Timur pada 9 September 2023 menjasi saksi sejarah akan komitmen dari Bupati Simon Nahak dalam upaya program peningkatan pangan lewat launching Fore Lakateu. Selain meningkatkan program pangan, peluncuran Fore Lakateu juga merupakan aksi nyata dalam tunaikan janji kampanye lewat program SAKTI, sebagai akronim dari program kerja Bupati Malaka, DR. Simon Nahak.

ads

Kehadiran Fore Lakateu, sebagai brand produk kacang hijau milik Pemkab Malaka diharapan dapat meningkatkan kehidupan masyarakat penati Rai Malaka. Dengan varietas unggul, Brand Fore Lakateu diharapan bisa bersaing dengan produksi sejenis baik itu dalam pasar lokas maupun nasional guna peningkatan pendapatan daerah ke depan nantinya.

Baca Juga :  Gerakan 3K Solusi Cerdas Bupati Malaka Atasi Stunting

Dalam mendukung produk Fore Lakateu yang berdaya saing, Bupati Simon Nahak mengatakan bahwa inovasi berbasi Fore Lakateu bisa dikembangkan dalam produk olahan lainnya semisal olahan makanan siap saji, camilan sehat, dan produk-produk turunan lainnya. Hal ini diharapkan dapat menarik minat konsumen yang lebih luas dan meningkatkan daya saing produk kacang hijau dari Malaka di pasar lokal maupun internasional.

Baca Juga :  Wabup Belu Sidak Ke RSUD Gabriel Manek

Jauh sebelum dilakukan peluncuruan pada akhir pekan kemarin, Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, sudah melakukan tanam simbolis perdana Fore Lakateu jenis varietas Vima 3 pada 17 Mei 2023 lalu. Bahkan sebelum ditanam saat itu, bibit Fore Lakateu diberkati oleh Pastor Paroki Weoe, Romo Aurelius Lorenzo Tae Lake, Pr.

  • Bagikan