ads

Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Wisata Religi Teluk Gurita Mulai Dipercantik

Avatar photo
  • Bagikan

ATAMBUA,flobamorata.com- Teluk Gurita, dulunya hanya Kawasan hutan bakau biasa di wilayah perairan Atapupu, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Provinsi NTT. Namun siapa sangka, saat ini Teluk Gurita menjadi wilayak yang kerap dikunjungi oleh para tamu baik itu lokalan NTT maupun luar NTT hinga luar negeri.

Apa pasalnya?. Ya, Teluk Gurita seolah menjadi medan magnet yang menyedot perhatian publik. Di Teluk Gurita, terdapat patung raksasa Bunda Maria. Patung Bunda Maria sendiri, dalam ajaran agama katholik, dikenal sebagai Bunda Allah, Bunda Penuh Kerahiman serta Bunda Jesus Sang Juru Selamat.

ads

Tidak heran, banyak peziarah yang mampir untuk meminta berkat sambil mendaraskan doa. Mereka berharap, bahwa Bunda Maria akan berikan keselamatan iman bagi mereka. Rabu, 10 Mei 2023, pimpinan daerah wilayah Kabupaten Belu yang terdiri dari Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sekda Belu, Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si melakukan kunjungan ke lokasi Patung Bunda Maria. Kunjungan tersebut adalah dalam rangka meninjau lokasi-lokasi pembangunan, terkait keberlanjutan pengelolaan kawasan strategis pariwisata di tempat itu.

Baca Juga :  Bupati Belu Ajak GMIT Kolaborasi Dalam Pembangunan

Dalam kunjungan tersebut, Bupati dan Sekda Belu melihat dan mendengarkan paparan dari Kadis Pariwisata, Januaria Nona Alo, S.IP dan jajaran, terkait rencana  pembangunan lanjutan Kawasan Patung Bunda Maria melalui Program Peningkatan Daya Tarik Destinasi Pariwisata. Seluruh sarana dan prasarana yang akan dibangun, disiapkan untuk menampung para wisatawan yang ingin memilih zona tertentu. Termasuk penjualan cinderamata sebagai buah tangan khas daerah ini.

https://www.high-endrolex.com/37

Melalui Anggaran DAK Fisik Sub Bidang Tematik Penguatan Destinasi Pariwisata Prioritas, akan dibangun sarana dan prasarana penunjang, antara lain Pembangunan Gazebo, Kios Cinderamata, Kios Kuliner, Plaza Kuliner, Tempat Sampah dan  Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Baca Juga :  Pesan Paskah Dokter Maria Dari Besikama Untuk Malaka

Untuk pembangunan kios cinderamata dan kios kuliner yang diperuntukan bagi pelaku UMKM, agar memperhatikan tata letak serta bangunan yang akan dibangun nanti. Kehadiran bangunan tersebut, diharapkan dapat bermanfaat dan membuat nyaman bagi orang yang tinggal dan para pengunjung.

Penataan kawasan ini dapat memantik para pelaku UMKM di Kecamatan Kakuluk Mesak dan sekitarnya untuk menyiapkan produk atau jualannya dikawasan Wisata Teluk Gurita demi meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

Baca Juga :  Kabupaten Malaka Diterjang Banjir

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Pariwisata juga telah mengajukan usulan DAK Fisik Bidang Pariwisata Tahun 2024 untuk Pembangunan Amenitas dan Atraksi Kawasan Pariwisata Budaya dan Perkotaan, yakni Bangunan TIC dan perlengkapan, termasuk ruang serbaguna dan kantor pengelola, Perlengkapan TIC dan Kantor Pengelola serta Papan Pusat Informasi Pariwisata.

  • Bagikan