News From Southern Indonesian

Begini Cara Desa Kakaniuk Lawan Covid-19

0 111

BETUN,flobamorata.com- Keseriusan Pemerintah Kabupaten Malaka, ProvinsiNusa Tenggara Timur (NTT) dalam memerangi penyebaran wabah virus corona patut diacungi jempol. Pasalnya, hampir seluruh desa di Kabupaten Malaka ini, saban hari selalu siaga, untuk memantau warga dan wilayahnya agar bebas dan bersih dari penyebaran virus mematikan ini.

Berbagai cara dilakukan. Selain perketat posko lintas batas antar wilayah, edukasi akan pola hidup bersih dan sehat juga diberikan kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Kakaniuk, Kecamatan Malaka Tengah misalnya, Petronela Luruk, sang kepala desa tersebut, rela keliling setiap rumah warga untuk mendata memberikan edukasi soal cara menggunakan masker yang baik dan bagimana hidup secara bersih.

“ Sejak minggu lalu, saya selalu jalan ke setiap rumah warga untuk memantau secara langsung pembagian masker, serta saya memberikan penjelasan soal cara pakai masker secara baik. Selain itu saya juga keliling setiap posko untuk memastikan mereka bekerja sesuai dengan protap penanganan covid-19,” ujarnya ketika dikonfirmasi wartawan pada Senin, 20 April 2020.

Mantan pegiat LSM ini mengatakan, sesuai Protokol Kesehatan yang telah dijalankan dari pusat hingga daerah, pihaknya wajib mendata setiap pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah setempat, serta mewajibkan mereka untuk memakai masker. Selain itu, setiap posko juga dilengkapi dengan fasilitas cuci tangan, sehingga bagi warga yang melintas diwajibkan untuk mencuci tangan.

“Jika ada warga yang tidak memakai masker, tim dan relawan akan membagikannya sehingga setiap pelintas dan warga diwajibkan untuk memakai masker sesuai peringatan pemerintah, dan selalu mencuci tangan dengan fasilitas yang sudah disiapkan di poko,” ujarnya.

Dirinya meminta kepada seluruh masyarakat Kakaniuk, apabila ada warga atau keluarga yang datang dari luar NTT, khusunya dari daerah yang terpapar virus corona dan masuk zona merah, harus melaporkan diri dan memeriksakan diri ke puskesmas untuk dipantau langsung dari pihak kesehatan dan tim dari pemerintah desa.

“Saya minta kepada masyarakat di sini, apabila ada keluarga atau warga yang datang dari luar NTT, harus segera dilaporkan untuk diarahkan ke puskesmas, guna lakukan pemeriksaan,” pinta alumnus STIE Oetmathonis Kupang ini.

Untuk Desa Kakaniuk sendiri, terdapat 3 titik posko covid-19, yakni batas dengan Desa Haitimuk, batas dengan Desa Barene dan batas dengan Dusun Numbei, Desa Kateri. (anarky)

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More